223

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah tindakan yang dilakukan di dalam lingkup rumah tangga, misal suami, istri dan anak yang berdampak negatif bagi fisik maupun psikis. Di Indonesia permasalahan KDRT diatur di dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. KemenPPA (Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak) mencatat per 1 Januari hingga 6 November 2020 terdapat kasus KDRT sebanyak 3.419 dan angka ini terus naik selama pandemi.

 

Di Indonesia masih banyak terjadi KDRT contohnya kejadian baru-baru ini, telah terjadi kasus KDRT di Sumatera Selatan (06/2021). Seorang laki-laki paruh baya berusia 44 tahun telah menganiaya istri sirinya. Korban dipukuli, disundut api rokok di wajah, memasukkan cobek (ulekan cabe) ke kemaluan korban, bahkan korban diminta untuk meminum air seni. Terakhir, korban dipaksa mengakui perselingkuhannya dan rambut korban dipotong sampai habis.

 

Lalu bagaimana jika hal ini terjadi pada orang terdekat?

Pertama, Kita perlu mengenali macam-macam kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam Pasal 5 UU No. 23/2004 KDRT meliputi: kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual dan penelantaran.

Kedua, Laporkan pada pihak berwajib dan meminta bantuan dari layanan umum terdekat. Berikut beberapa Layanan Umum yang bisa membantu korban KDRT

    • Polres terdekat (Jember: 0331-484285)
    • Website: carilayanan.com (Jember: @garwitainstitute dan @konsulhukum.garwita)
    • Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Jember: 0334-881885)
    • Komnas Perempuan (Jakarta: 021-3903963)

Ketiga, Pahami situasi dan kondisi korban.

Keempat, Berilah pandangan yang objektif terkait kekerasan yang dialami korban dan meyakinkannya bahwa korban dapat pulih.

Kelima, Ajak korban menemui psikolog profesional jika memang kondisinya tidak membaik.

 

Jangan ragu untuk memberi bantuan kepada korban kekerasan dalam rumah tangga dan menghubungi konsul hukum garwita bila membutuhkan bantuan hukum.

 

(Penulis/Penyunting : Ninda/Ryn)

Jika Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) Dialami Orang Terdekat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *