905

Perawatan paliatif merupakan pelayanan kesehatan terpadu yang bersifat aktif dan menyeluruh dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi meliputi bidang medis, psikologis, sosial, dan spiritual.

Sejak awal tahun 2016, perawatan paliatif dilakukan secara intensif di RS Baladhika Husada (RS DKT), Jember. Kegiatan ini merupakan kerjasama Unit Layanan Kemoterapi RS DKT dengan Garwita Institute, Jember.

 

Hasil asesmen awal terhadap pasien kanker di RS DKT menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi pasien kanker tidak hanya masalah penyakit kronis yang mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga masalah psikologis yang pelik.

Sebagian besar masalah ini merupakan dampak dari penyakit yang diderita, seperti runtuhnya rasa percaya diri (terutama bagi pasien perempuan), konflik keluarga, hingga tidak dimilikinya harapan untuk masa depan.

Diperlukan dukungan yang besar bagi para pasien kanker agar mereka kuat menjalani proses pengobatan yang seringkali membutuhkan waktu panjang dan melelahkan.

Dukungan dapat berupa pemberian semangat dari keluarga, tim paliatif, petugas kesehatan, tetangga, atau sesama pasien sehingga pasien tidak merasa sendirian dalam menghadapi penyakitnya. Menteri kesehatan juga menerbitkan Kepmenker No. 812/Menkes/SK/VII/2007 yang menyatakan agar setiap rumah sakit menyediakan perawatan paliatif guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan oleh tim paliatif untuk memberi dukungan psikososial bagi pasien kanker dalam berbagai kegiatan, seperti membentuk kelompok dukungan paliatif,

mengunjungi pasien di rumah, serta melakukan konseling dan relaksasi (diceritakan lebih lengkap dalam brosur).

Dukungan lainnya yang juga dilakukan secara rutin, dua kali dalam setahun, dan berdampak signifikan dalam menciptakan mood positif adalah kegiatan wisata sehat.

Wisata sehat merupakan kegiatan berwisata bersama pasien, keluarga pasien, relawan, dan tim medis. Acara wisata ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti pemeriksaan tensi & gula darah, 

 

senam lansia, games, dan seminar kesehatan, dimana seluruh kegiatan tersebut dilakukan di sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan indah, menenangkan, dan relatif mudah dijangkau pasien.

Berwisata menjadi momen yang sangat berharga bagi pasien, yang sebagian besar berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah, mengingat sebagian besar waktu mereka digunakan untuk berobat dan juga karena banyaknya keterbatasan pihak keluarga untuk memfasilitasi pasien berwisata.

Oleh sebab itu, kami dari Tim Paliatif Garwita Institute bekerja sama dengan RS DKT akan mengadakan kegiatan “Wisata Sehat Paliatif” di Villa Rayap, Rembangan, Jember, pada tanggal 15 September 2018 khusus untuk pasien dan keluarga pasien.

Adapun tujuan dari kegiatan wisata sehat Paliatif ini adalah:

  1. Menurunkan tingkat distress yang dialami pasien
  2. Memberikan sistem support yang membantu pasien tetap hidup seaktif mungkin & meningkatkan kualitas hidupnya
  3. Memberikan wawasan lebih luas mengenai penyakit kanker dan perawatan paliatif kepada masyarakat khususnya keluarga pasien
  4.  Meningkatkan kebersamaan komunitas pasien paliatif.

 

WISATA SEHAT PALIATIF SEPTEMBER 2018

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *