336

Wisata Sehat Paliatif (WSP)periode ke 4 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2019 ini mengusung tema “Stay Healthy for Our Family”. Kali ini, WSP bertempat di Taman Botani Jember dan diikuti 40 peserta yang terdiri dari pasien kanker dan keluarga. WSP merupakan acara rutin yang dilaksanakan setahun dua kali dan sangat dinanti-nanti oleh para pasien dan keluarga.

WSP ini menjadi berbeda dengan bergabungnya Laboratorium Prodia. Prodia memberikan mini seminar serta membagikan kartu anggota Prodia kepada para peserta wisata sehat.

Kegiatan dimulai dengan senam maumere yang dipandu oleh teman-teman relawan. Tujuannya adalah untuk melatih kekuatan otot agar otot-otot para peserta wisata sehat tidak kaku. Kemudian dilanjutkan dengan mini seminar berjudul “Pentingnya Vitamin D” yang dibawakan oleh dr. Rima Titahning Visita.

Selanjutnya para pasien kanker diberikan relaksasi otot progresif oleh para relawan paliatif yang bertujuan untuk merelaksasikan otot-otot dan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan setelah relaksasi, didapat 43% peserta mengalami penurunan tensi, 35% tidak mengalami perubahan tensi, dan 22% peserta lainnya mengalami kenaikan tensi. WSP ditutup dengan acara makan bersama dan berkeliling disekitar area Taman Botani.

Wisata Sehat Paliatif 2019 di Taman Botani Jember

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *