57

Kondisi psikologis secara umum memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan terapi pasien kanker.  Berbagai hal dapat menjadi pemicu stres sehingga mempengaruhi kondisi psikologis pasien kanker saat menjalani pengobatan. Untuk mengatasi hal ini pasien dan keluarga harus saling bekerjasama dalam mengelola stres dan menjaga kondisi psikologis pasien tetapstabil selama masa pengobatan. Metode pengelolaan stress yang dapat dilakukan oleh pasien dan keluarga salah satunya dengan memanfaatkan alternatif relaksasi.

Penjelasan seputar kondisi psikologis pasien kanker dibahas secara jelas dan menarik oleh dr. Andreas Andrianto, Sp.B(K)Onk dalam webinar yang diadakan oleh Tim Perawatan Paliatif Garwita pada hari Sabtu,17 Oktober 2020 melalui aplikasi zoom meeting dan Live Youtube. Tidak hanya itu dalam webinar ini Ibu I. Gusti Ayu Karnasih juga mengupas tuntas manfaat relaksasi bagi pasien kanker serta bagaimana meode ini dapat menjadi alternnatif pengelolaan stress.

Tim Paliatif Garwita mengusung tema”Pengaruh Stres Terhadap Efektivitas Terapi Pasien Kanker”. Webinar ini diikuti oleh berbagai kalangan baik dari pasien kanker, keluarga, tenaga kesehatan, pemerhati kanker, mahasiswa dan umum. Diharapkan webinar ini dapat memberi manfaat dan dukungan bagi pasien kanker dan keluarga untuk terus berjuang dalam menjalani pengobatan.

Teman-teman Garwita dapat mengakses rekaman dan materi diskusi melalui link di bawah ini:


Materi :
1. Materi 1 dr. Andreas
2. Cancer survivor with Relaxation_Materi 2_B Ayu 

Youtube Link :
https://youtu.be/gYkQi_RhI9A

 

Relaksasi Sebagai Alternatif Menunjang Keberhasilan Terapi Pasien Kanker

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *