127

RELAKSASI PROGRESIF

Relaksasi progresif dapat dilakukan pada posisi yang nyaman dan secara perlahan menutup mata.

  1. Tangan dan lengan

Kepalkan tangan kiri Anda. Kepal dengan keras, semakin keras, semakin keras dan rasakan ketegangan di tangan dan lengan Anda. Kemudian lepaskan dan rileks.

Ok, ganti.

Kepalkan tangan kanan Anda. Kepal dengan keras, semakin keras, semakin keras dan rasakan ketegangan di tangan dan lengan Anda. Kemudian lepaskan dan rileks.  Rasakan perasaan rileks pada tangan Anda.

  1. Lengan dan bahu

Regangkan kedua lengan ke depan. Angkat tinggi-tinggi di atas kepala Anda, semakin tinggi dan rasakan tarikan di bahu Anda. Lalu biarkan tangan Anda jatuh ke samping. Oke, ulangi lagi. Rentangkan kedua tangan Anda ke depan. Angkat ke atas kepala. Tarik jauh ke belakang. Tarik ke belakang sebisa mungkin. Lalu biarkan tangan Anda jatuh dengan cepat. Bagus. Rasakan bahu Anda terasa lebih rileks.

  1. Rahang

Silakan mulai rapatkan rahang Anda dengan keras hingga terasa ketegangan di otot leher. Kemudian lepaskan. Oke, sekali lagi rapatkan rahang Anda, lebih keras. Sekarang cobalah rileks.

  1. Wajah dan hidung

Kerutkan hidung Anda. Buat kerutan di hidung sebanyak mungkin. Kerutkan dengan sangat keras. Pegang dan rasakan kerutan sekeras yang Anda bisa. Kemudian  rilekskan wajah Anda. Perhatikan ketika Anda mengerutkan hidung, pipi, mulut dan dahi semuanyanya membantu Anda dan juga menjadi kencang. Jadi saat Anda merilekskan hidung, seluruh wajah Anda juga rileks. Rasakan kenyamanan setelah Anda rileks.

Kemudian sekarang cobalah keutkan dahi Anda, dan buat banyak kerutan di dahi. Semakin erat, pegang dan rasakan kerutan sekeras yang Anda bisa. Oke lepaskan. Saat ini Anda merasakan wajah Anda terasa nyaman dan rileks.

  1. Perut

Sekarang tegangkan otot perut Anda hingga membuat perut Anda benar-benar keras. Jangan bergerak. Tahan… Tahan…. Lepaskan. Biarkan otot perut Anda sesantai mungkin, dan akan terasa jauh lebih baik. Oke, sekarang coba lagi. Kencangkan perut Anda hingga sangat keras. Tahan…. Lepaskan. Anda akan bisa memperhatikan perbedaan perut kencang dan perut rileks terasa longgar dan santai. Oke, sekali lagi. Kencangkan dengan keras. Tahan…. Lepaskan. Rileks dan Anda akan merasa nyaman dan santai.

Sekarang coba tarik perut Anda, tekan ke tulang punggung. Cobalah untuk menjadi kurus sebisa Anda. Tahan… Tahan…. Lalu, rileks. Santai dan rasakan perut Anda hangat dan kendur. Oke tekan perut Anda lagi. Semakin dalam. Rasakan perut Anda sangat kecil dan kencang. Dapatkan kurus yang Anda bisa. Pegang dan rileks. Tenangkan perut Anda dan biarkan kembali seperti semula. Anda bisa merasa sangat baik sekarang, Anda telah melakukannya dengan baik.

  1. Peregangan tungkai dan telapak kaki

Dorong jari-jari Anda ke lantai. Rasakan ketegangan pada otot-otot jari kaki Anda. Semakin dorong ke bawah, rentangkan jari-jari kaki Anda. Tahan…. Lepaskan. Sekarang rilekskan jari-jari kaki Anda.

Sekali lagi dorong jari-jari kaki Anda ke bawah, biarkan otot kaki menurunkan kaki Anda. Dorong kaki Anda. Sekeras mungkin. Oke, rileks. Rasakan betapa rileksnya jari jari kaki Anda dan seluruh tubuh Anda, begitu baik dan tidak ada ketegangan dimanapun.

Tetaplah sesantai mungkin, biarkan seluruh tubuh Anda lemas dan rasakan semua otot Anda santai.

Dalam beberapa menit, relaksasi akan berakhir. Sekarang coba goyangkan tangan Anda, goyangkan kaki Anda, gerakkan kepala Anda. Buka mata secara perlahan dan Anda telah melakukan relaksasi ini dengan baik.

Anda akan dapat melakukan relaksasi ini dimanapun dan kapanpun. Yakinlah bahwa Anda mampu mendapatkan kenyamanan kapanpun Anda butuhkan.

(Almira)

RELAKSASI PROGRESIF

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *