202

KPK sudah berdiri sejak Desember 2003 sebagai bagian dari agenda reformasi tahun 1998. Hingga tahun 2019, KPK telah menangkap 1.125 koruptor. Sejak era Jokowi berjaya pun, KPK telah menyelamatkan 65 triliun uang rakyat. Dan tidak pernah absen, setiap pergantian era presiden selalu ada permasalahan yang disorot oleh masyarakat.

Tahun ini masyarakat menyorot tes wawasan kebangsaan yang diadakan pemerintah untuk menjadikan pegawai KPK sebagai PNS. Dalam tes ini terdapat 75 orang tidak lolos, dimana 51 orang diberhentikan dan sisanya mengikuti pembinaan. Salah satu pegawai yang diberhentikan adalah Novel Baswedan.

Melalui wawancara eksklusif kepada pegawai KPK yang tidak lolos, beberapa pegawai KPK telah mengetahui adanya tes TWK sehingga mereka sudah menyiapkan jawaban terbaik. Namun menurut Benny (Jejaring Masyarakat), soal TWK yang mereka terima bukan seperti tes CPNS pada umumnya.[1]

Tes TWK dianggap oleh masyarakat sebagai alat untuk menyingkirkan pegawai KPK yang memiliki integritas dalam pekerjaan. Pada saat yang sama negara seharusnya merugi karna telah menyingkirkan pegawai KPK yang berintegritas. Kami tetap berharap bahwa pemerintah telah memilih keputusan yang tepat untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Penulis: Ninda

 

PRAHARA KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *