784

Banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan gadget (hp, ipad, laptop, tab) dan TV tanpa batasan waktu memberikan dampak buruk pada anak dan remaja.

Dari pengalaman Garwita selama beberapa tahun melayani klien remaja untuk terapi dan konsultasi psikologi, dampak buruk tersebut dapat berupa kehilangan motivasi untuk beraktivitas (tidak hanya untuk belajar), membuat anak enggan bersosialisasi, menurunnya kemampuan konsentrasi, hingga obesitas.

Penggunaan gadget dan TV tidak akan mengganggu kesehatan fisik dan mental anak sejauh dikontrol kontennya dan dibatasi waktunya. Oleh sebab itu dibutuhkan komitmen orang tua untuk terlibat dalam hal ini.

Selain itu, penting untuk menyiapkan aktivitas pengganti bermain gadget, karena bila tidak, orang tua akan kesulitan menghadapi anak yang semakin aktif dan terkesan mengganggu atau bahkan menghambat kesibukan orang tua. Aktivitas pengganti misalnya menggambar dan mewarnai serta bermain lego bagi anak usia 3-5 tahun.

Berikut adalah batasan penggunaan gadget & TV yang disarankan oleh American Academy of Pediatrics (2014) yang akan bermanfaat dan tidak mengganggu kesehatan fisik dan mental anak:

Usia Berapa lama? Acara TV tanpa tampilan kekerasan Handheld devices (hp, ipad, tab) Video games tanpa tampilan kekerasan Video games dengan tampilan kekerasan Video games online dan/atau pornografi
0 – 2 tahun X X X X X X
3 – 5 tahun 1jam/hari X X X X
6 – 12 tahun 2jam/hari X X X X
13 – 18 tahun 2jam/hari tidak lebih dari 30menit/hari X

 

Catatan:

X: tidak boleh

√: boleh

Penggunaan Gadget pada Anak & Remaja: Perhatikan Konten dan Batasi Waktu

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *