532

 

Kegiatan home visit yang dilakukan oleh tim Paliatif Garwita Institute pada tanggal 26  April 2018 yaitu mengunjungi Bu Hamdania dengan alamat di Balung. Beliau merupakan survivor kanker yang berjuang melawan penyakitnya dengan memilih pengobatan alternatif dengan menggunakan rompi yang mengalirkan listrik sehingga dipercaya dapat mengecilkaan sel kankernya.

Sejauh ini Bu Hamdania mengatakan memang ada pengecilan dari benjolan yang dialaminya namun hal ini masih belum dapat dipastikan bahwa sel kanker tersebut benar-benar mengecil. Beliau pun mengatakan bahwa akan melakukan pemeriksaan medis apa bila memang nantinya dibutuhkan. Saat ini Bu Hamdania masih bisa beraktivitas dengan normal bahkan dapat dikatakan kondisi fisiknya baik. Beliau masih sanggup untuk berangakt ke Jakarta minimal sebulan sekali untuk membeli berbagai pernak pernik untuk dijual kembali di rumahnya.

Untuk kontrol dari pengobatan alternatif yang dijalani oleh Bu Hamdania adalah setiap 3 bulan sekali. Dibulan ketiga nanti Ibu Hamdania sempat bercerita apabila memang nanti dianjurkan untuk melakukan operasi maka ia akan melakukan operasi tersebut.

Keputusan yang di ambil oleh Bu Hamdaniauntuk melakukan pengobatan alternatif bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan pada saat pertama kali beliau melakukan pemeriksaan dokter yang menanganinya langsung memvonis untuk dilakukan pengangkatan payudara dimana sel kankernya berkembang, karena kaget dan syok dengan keputusan tersebut sehingga Bu Hamdania memilih jalan lain yaitu mencari pengobatan alternatif dan akhirnya beliau memilih dengan menggunakan rompi beraliran listrik tersebut.

Pada saat home visit tim paliatif juga menginformasikan bahwa tidak semua pasien kanker pasti dilakukan pengangkatan dikarenakan ada yang bisa sembuh dengan hanya melakukan kemoterapi, dan ada pula yang memang harus dilakukan pengangkatan.

Hal seperti ini ternyata juga baru diketahui oleh Bu Hamdania karena beliaupun mengira apabila terkena kanker sudah pasti dilakukan pengangkatan. Dengan pemberian informasi terkait dengan hal tersebut sehingga Bu Hamdaniapun tidak ragu lagi dengan pengobatan medis sehingga akan menjalankan pengobatan medis setelah melihat hasil penggunaan rompi beraliran listrik dibulan ketiga pemakaian.

NB: Nama bukanlah sebenarnya.

Home Visit di Balung

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *