Penyuluhan Edukasi Seksual Anak di SDN Sumber Lesung 3 Ledokombo

1,191

 

Tim Penyuluhan Edukasi Seksual Anak GARWITA Institute melakukan penyuluhan di SDN Sumber Lesung, Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo, Jember. Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Juli 2018.

Sekitar 50 siswa mengikuti Penyuluhan tersebut, mulai dari kelas satu hingga kelas tiga SD..

Paliatif: Halal Bihalal Bersama Pasien Kanker RS DKT Jember

2,028

Senin, 25 Juni 2018 Tim Paliatif Garwita Institute mengadakan kegiatan Halal Bihalal bersama pasien kanker di Unit Terapi Onkologi RS DKT Jember.
dr. Andreas Andrianto, S.Pb.,(K). Onk., beserta para perawat Unit terapi juga ikut memberikan ucapan salam dan selamat lebaran hingga berdoa bersama.

Sambil menunggu antrian kontrol atau mengambil obat, para pasien mengikuti kegiatan halal bihalal tersebut dengan antusias..
Para pasien dihibur dengan acara doa bersama, makan bersama, games, door price, dan juga sharing yang diberikan oleh Duta Paliatif Garwita.


Salah satu lagi kegiatan yang dilakukan adalah menulis pesan penyemangat dari para pasien untuk pasien-pasien lainnya.

Kegiatan Halal Bihalal ini bertujuan untuk bersilaturahmi antara Tim Unit Terapi Ongkologi, Tim Paliatif dengan para pasien dan keluarga, juga sesama pasien sendiri, serta dapat memberikan kegembiraan dan juga semangat bagi para pasien untuk menjalani hari-hari, termasuk masa-masa pengobatan.


Halal Bihalal ini akan diadakan selama 2 minggu kedepan hingga tanggal 6 Juli 2018.

 

Tim Paliatif Garwita Institute Menyampaikan Presentasi Hasil Penelitiannya dalam Acara The 23rd Congress of the Japanese Society for Palliative Medicine di Jepang

1,146

Nadia Maria, Psikolog dari Garwita Institute mengikuti acara The 23rd Congress of the Japanese Society for Palliative Medicine ( Kongres ke-23 Perawatan Paliatif Masyarakat Jepang) pada 15-27 Juni 2018 di Kobe, Jepang. Nadia Maria yang mewakili Tim Paliatif Garwita Institute menyampaikan presentasi hasil penelitiannya tentang “Mengubah Keyakinan yang Salah Tentang Kanker dan Memotivasi Pasien Kanker untuk Menjalani Perawatan Medis”. Beberapa isu penting untuk didiskusikan atau dikembangkan di Indonesia adalah sebagai berikut:
– Advance Care Planning (yang sudah mulai diterapkan di US),
– Physicians Assisted Death (yang tingkat penggunaannya masih relatif rendah di Indonesia dibandingkan banyak negara lainnya, padahal hal ini amat penting dalam perawatan paliatif, khususnya untuk meredakan nyeri hebat pada pasien), serta
– Bagaimana mengukur efektivitas dari pelayanan paliatif

Penyuluhan Edukasi Seksual Anak di Dusun Gumitir, Arjasa

1,131

Minggu, 3 Juni 2018, Tim Penyuluhan Edukasi Seksual Anak dari Garwita Institute melakukan penyuluhan kepada anak dan remaja di Dusun Gumitir, Desa Langkat, kec. Arjasa, Kabupaten Jember yang Penyuluhan ini diikuti 30 anak dan 12 remaja.

Garwita Institute mengapresiasi Keterbukaan masyarakat Dusun Gumitir dalam memberikan ruang bagi anak dan remaja untuk mengikuti penyuluhan Edukasi Seksual Anak tersebut.

Penggunaan Gadget pada Anak & Remaja: Perhatikan Konten dan Batasi Waktu

783

Banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan gadget (hp, ipad, laptop, tab) dan TV tanpa batasan waktu memberikan dampak buruk pada anak dan remaja.

Dari pengalaman Garwita selama beberapa tahun melayani klien remaja untuk terapi dan konsultasi psikologi, dampak buruk tersebut dapat berupa kehilangan motivasi untuk beraktivitas (tidak hanya untuk belajar), membuat anak enggan bersosialisasi, menurunnya kemampuan konsentrasi, hingga obesitas.

Penggunaan gadget dan TV tidak akan mengganggu kesehatan fisik dan mental anak sejauh dikontrol kontennya dan dibatasi waktunya. Oleh sebab itu dibutuhkan komitmen orang tua untuk terlibat dalam hal ini.

Selain itu, penting untuk menyiapkan aktivitas pengganti bermain gadget, karena bila tidak, orang tua akan kesulitan menghadapi anak yang semakin aktif dan terkesan mengganggu atau bahkan menghambat kesibukan orang tua. Aktivitas pengganti misalnya menggambar dan mewarnai serta bermain lego bagi anak usia 3-5 tahun.

Berikut adalah batasan penggunaan gadget & TV yang disarankan oleh American Academy of Pediatrics (2014) yang akan bermanfaat dan tidak mengganggu kesehatan fisik dan mental anak:

Usia Berapa lama? Acara TV tanpa tampilan kekerasan Handheld devices (hp, ipad, tab) Video games tanpa tampilan kekerasan Video games dengan tampilan kekerasan Video games online dan/atau pornografi
0 – 2 tahun X X X X X X
3 – 5 tahun 1jam/hari X X X X
6 – 12 tahun 2jam/hari X X X X
13 – 18 tahun 2jam/hari tidak lebih dari 30menit/hari X

 

Catatan:

X: tidak boleh

√: boleh

Kelas Fashion: Progres Pembuatan Kostum Karnaval

1,334

Kurang lebih tiga bulan, Kelas Fashion di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember telah berjalan. Kelas Fashion yang seluruh pesertanya adalah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  ini telah berhasil membuat kostum karnaval yang akan ditampilkan pada acara Jember Fashion Carnaval (JFC) 2018 nanti.

Ada tiga kostum yang rencananya akan diproduksi hingga menjelang JFC bulan Agustus nanti. Kostum bertema Arab Saudi adalah salah satu kostum yang dihasilkan oleh peserta Kelas Fashion.

Pembuatan kostum karnaval ini memiliki tujuan sebagai sarana untuk membunuh waktu kosong WBP dengan berkarya. Kegiatan pembuatan kostum tersebut juga sebagai terapi penyembuhan dari rasa sedih, stress, dan lainnya sejak mereka berhadapan dengan proses peradilan pidana, sekaligus memberikan rasa kebanggaan bagi para WBP ketika mereka bisa menghasilkan kostum karnaval dengan tangan mereka sendiri.

Kelas Fashion ini adalah kerja sama Garwita Institute dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, serta Jember Fashion Carnaval.

Penyuluhan Edukasi Seksual Anak Dalam Acara Seminar dan Pelatihan Parenting “Menjadi Orang Tua Yang Peka”

787

Tim Edukasi Seksual Anak Garwita Institute diundang untuk melakukan penyuluhan Edukasi Seksual Anak dalam Seminar dan Pelatihan Parenting “MENJADI ORANGTUA YANG PEKA”  hadir sebagai kelanjutan dari Penelitian Disertasi Elok Permatasari (tahun 2017), yang bertujuan untuk memfasilitasi orangtua agar lebih Peduli dalam Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak dengan pengasuhan yang tepat.

Tim Edukasi Seksual Anak Garwita Institute memberikan penyuluhan kepada 15 orang anak dengan usia 3 sampai 6 tahun. Penyuluhan ini diadakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 pukul 08.30 – 12.30 WIB, di  Lembaga Bimbingan Belajar Galileo, Jalan Mastrip 6A, Jember.

Asesmen Kesiapan Sekolah di Sekolah National Plus Benih Harapan

1,156

Asesmen Kesiapan Sekolah di Sekolah National Plus Benih Harapan

Pada bulan Maret 2018 lalu, Nadia & Associates mengadakan Asesmen dan Konseling untuk Kesiapan Sekolah di TKK Sekolah National Plus Benih Harapan, Jl. Mojopahit Blok SSS, Jember. Kegiatan berjalan selama 2 hari. Garwita melibatkan dua psikolog yaitu Anggraeni S. Sari, M.Psi, psikolog pendidikan dan Farah Farida Tantiani, M.Psi, psikolog klinis anak.

 

Booklet Edukasi Seksual Anak Usia Dini

1,226

Bagi Anda pemerhati kesehatan mental anak, isu perilaku seksual yang sehat juga hendaknya menjadi perhatian. Garwita berkomitmen untuk memberikan edukasi seksual pada anak guna terciptanya pemahaman mengenai perilaku seksual yang sehat.

Booklet Edukasi Seksual Anak Usia Dini: Stop Sexual Abuse merupakan petunjuk praktis bagi orang tua dan anak usia dini untuk memahami perilaku seksual yang sehat serta melakukan pencegahan pelecehan seksual anak.

Harga booklet Rp. 12.000,- belum termasuk ongkos kirim. Seluruh keuntungan yang diterima dari penjualan booklet akan digunakan untuk pelaksanaan edukasi seksual anak, terutama anak dari keluarga kurang mampu. Untuk pemesanan hubungi Untuk pemesanan hubungi Sari Diyati 081553253488 (WA).