567

Salah satu kegiatan rutin tim paliatif yang dilakukan setiap bulan adalah melakukan penyuluhan. Dilakukannya penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan wawaan tambahan kepada masyarakat yang membutuhkan agar mereka mengenali gejala-gejala awal terjadinya kanker dan juga apabila mengetahui terdapat gejala awal pada dirinya, ia dapat segera melakukan pemeriksaan sehingga penyakitnya dapat segera tertangani.

Penyuluhan pertama yang dilakukan pada hari minggu tepatnya 11 Maret 2018 jam 4 sore di perumahan Queen Gardenia Tegal Besar. Pada saat itu, disana sedang ada kegiatan dama atau pertemuan rutin ibu-ibu kompleks sekitar dimana sebulan sebelumnya seorang ibu anggota dama yaitu bu Arik meminta kami untuk mengisi kegiatan dama yaitu memberika penyuluhan terkait kanker.

Pada saat itu beliau merasa butuh atau perlu adanya penyuluhan ini karena banyak yang belum mengetahui penyebab atau tanda awal terjadinya kanker sehingga perlu adanya pemberian pengetahuan agar para ibu disana tidak terlambat dalam mengetahui tanda awal bahaya kanker.

Penyuluhan dilakukan oleh tim paliatif yang terdiri dari Ade,Christina, dan Ndari. Disini kami bertiga memberikan penyuluhan terkait kanker, kanker payudara, dan juga BPJS. Penyuluhan ini dihadiri oleh sekitar 10 orang anggota dama dimana mereka sangat antusias untuk mendengarkan dan aktif bertanya terkait hal – hal yang belum mereka ketahui.

Disana kami menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan kanker, apa bedanya dengan tumor, kemudian ciri-ciri tumbuhnya kanker, penjelasan terkait kanker payudara, deteksi dini kanker payudara dengan melakukan sadari atau periksa payudara sendiri, cara pencegahan agar mengurangi resiko terjadinya kanker dan juga kita memperkenalkan diri bahwa di Jember ini ada Garwita dimana didalamnya terdapat tim paliatif yang dapat membantu pasien maupun keluarga pasien dalam hal pendampingan psiko sosial khususnya pada mereka pasin penyakit kronis terutama kanker.

Tidak lupa juga kita menjelaskan terkait dengan BPJS bagaimana cara pengurusannya, apa saja kelas yang ada didalamnya, dan kendala-kendala yang biasa terjadi ketika orang menggunakan BPJS. Diskusi berjalan sangat baik dikarenakan para ibu aktif bertanya terkait masalah-masalah yang mereka hadapi. Keluhan-keluhan yang mereka atau saudara mereka rasakan dapat tersampaikan sehingga mereka tidak lagi bertanya-tanya sesuatu hal yang tidak pasti.

Mereka sangat terbantu dengan kehadiran tim paliatif diantara mereka, sehingga mereka bisa menanyakan berbagai hal dan akhirnya mengetahui ketika mendapatkan masalah seperti ada saudaranya yang belum mau berobat, ada yang putus berobat, ada yang hopeless, ada yang tidak mau berobat, mereka tahu kemana harus menghubungi. Dengan begitu mereka dapat mengurangi beban yang ditanggung oleh pasien.

Penyuluhan Paliatif Bulan Maret

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *