337

Hakikat dari pemberdayaan adalah bagaimana membuat seseorang menjadi berdaya dan bisa berkarya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Garwita Institute menginisasi kegiatan melalui program pemberdayaan di Lapas Jember ini yaitu LOCILALA. Dimana kegiatan ini berlangsung sejak pertengahan Oktober 2019. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana edukasi bagi masyarakat di luar Lapas bahwa keterbatasan tembok penjara tidak membatasi para narapidana dalam berkarya.

Kegiatan ini mendapat antusias yang sangat luar biasa dari WBP serta petugas Lapas mendukung kegiatan ini karena salah satu bentuk pendidikan dan pembinaan untuk WBP. Ada 21 peserta yang terdaftar setelah adanya sosialisasi kegiatan kepada setiap perwakilan WBP, kegiatan ini dimulai pada tahap audisi, lalu ada 12 peserta yang lolos untuk semifinal dan mengikuti pelatihan sampai pada akhirnya ada 7 orang finalis yang lolos untuk final. Ke-7 (tujuh) orang ini nanti juga akan mengikuti proses recording dan pembuatan video dengan dukungan dan bantuan kalian semua.

Antusias mereka sangat tergambar ketika menyuguhkan lagunya di depan para juri dan setiap isi lirik lagu yang mereka ciptakan adalah bentuk mengekspresikan diri atau curahan hati mereka selama berada di Lapas. Dengan kegiatan ini mereka membangun percaya diri kembali untuk berkarya yang dituangkan dalam bentuk sebuah lagu. (Sin)

Pemberdayaan Warga Binaan: LOCILALA (Lomba Cipta Lagu Lapas)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *