742

Tim Paliatig Garwita Institute mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama Pasien Kanker pada hari Senin, 29 Mei 2018 .

Acara yang diadakan di Kantor Garwita Institute ini bertujuan sebagai wadah pertemuan dan silaturahmi antara sesama pasien dan juga para tim relawan Paliatif.

Pada silaturahmi tersebut, para pasien saling berbagi cerita bagaimana pengalaman selama bulan puasa dan keluh kesahnya setiap hari.

Buka puasa bersama para pasien kanker ini adalah kegiatan yang aktif diadakan Garwita setiap tahunnya. Hal ini sebagai dukungan dan semangat bagi para paisen dalam menjalani hari-harinya. Kegiatan seperti ini juga sebagai media bagi pasien kanker untuk membuka diri dan bersosialisasi.

Menjalanani kemo dan harus meminum obat setiap hari bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Terkadang mereka merasa kesepian dan kehilangan semangat. Salah satu pasien, Bu Fitri mengatakan bahwa ia sudah dua minggu lebih tidak nafsu makan sehingga berat badannya turun.

Ia merasa kesepian ketika harus sendiri walau terkadang ditemani anak laki-lakinya makan. Namun, Bu Fitri merasa senang ketika makan bersama-sama diacara buka bersama Paliatif dan memakan makanannya sampai habis. Ia berkata, “saya sangat senang sehingga nafsu makan saya sangat baik. Terimakasih sudah mengundang saya diacara ini” tutur Bu Fitri sambil tersenyum.

Pertemuan-pertemuan kecil bagi sesame pasien kanker sangatlah berarti, karena mereka tidak akan merasakan sakit sendiri dan dapat bertukar cerita dan pesan satu dengan yang lainnya.

Para Pasien yang hadir juga mendapatkan kenang-kenangan berupa buku Paliatif yang mengkisahkan perjuangan para pasien kanker dalam melawan penyakitnya.

 

NB: (Nama pasien bukanlah yang sebenarnya)

 

Paliatif: Buka Puasa Bersama Pasien Kanker

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *