906

Sebanyak 8 media penyuluhan digunakan dalam acara Penyuluhan Edukasi Seksual Anak Usia Sekolah yang dilaksanakan di SDK Maria Fatima Jember pada hari Sabtu, 3 Februari 2018.

Delapan media penyuluhan tersebut digunakan dalam dua kelompok kategori, yaitu kategori kelompok anak kelas 1,2,3 dan kategori kelompok anak kelas 4,5,6.

Media yang digunakan pada kelompok kelas 1,2, dan 3 adalah media lagu, video, puzzle, mewarnai lalu menempel tanda silang pada gambar anggota tubuh yang tidak boleh disentuh, serta permainan ular tangga. Sedangkan kelompok kelas 4,5, dan 6 menggunakan media puzzle, lempar kelereng, Buku Pop Up dan juga kuis siapa berani.

Semua media yang digunakan dalam penyuluhan ini memuat materi Edukasi Seksual Anak Usia Sekolah. Berbagai media yang digunakan selalu disesuaikan dengan materi-materi penyuluhan agar dapat menarik minat anak-anak sebagai audiens penyuluhan.

Salah satu media yang menarik minat banyak anak pada penyuluhan kali ini adalah media puzzle. Puluhan anak kelas 1,2, dan 3 berebut untuk mengikuti penyuluhan yang menggunakan media puzzle tersebut.

Puzzle yang digunakan memuat materi tentang anggota tubuh. Penyuluhan ini diberikan secara terpisah antara perempuan dengan laki-laki. Melalui puzzle ini, anak diedukasi tentang anggota tubuh mana saja yang dapat disentuh oleh orang lain dan anggota tubuh mana yang tidak dapat disentuh oleh orang lain.

Sejak awal dimulai penyuluhan menggunakan media puzzle ini, tidak ada habisnya anak yang mengantri untuk mengikutinya, bahkan hingga seluruh rangkaian acara selesai masih ada anak yang berkeinginan mengikuti penyuluhan tersebut. Beberapa anak mengatakan senang mendengarkan materi tersebut sambil melihat dan menyusun puzzle yang menggambarkan anggota tubuh.

Penyuluhan ini diadakan bersamaan dengan acara syukuran ulang tahun 83 SDK Maria Fatima dan anak-anak sekolah diliburkan dari materi pelajaran. Semua anak bebas mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tersebut.

Menariknya Puzzle Pada Penyuluhan Edukasi Seksual Anak di SDK Maria Fatima Jember

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *