572

KDP atau Kelompok Dukungan Paliatif merupakan kegiatan paliative care Garwita Institue yang rutin dilaksanakan setiap hari rabu di rumah sakit DKT Kabupaten Jember. Kegiatan KDP dilakukan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi kesehatan baik untuk pasien maupun keluarga pasien.

KDP dilakukan pada saat para pasien dan keluarganya sedang antri untuk menunggu panggilan untuk kontrol maupun untuk kemoterapi di dr. Andreas yaitu dokter spesialis bedah onkologi. Banyaknya jumlah pasien yang akan memeriksakan diri menyebabkan antrian yang panjang sehingga tidak jarang mereka harus mengantri mulai subuh hingga sore hari. Rasa jenuh tentu dirasakan oleh mereka karena lamanya menunggu jadwal untuk kontrol, sehingga kami hadir untuk membunuh rasa bosan dan kejenuhan yang hadir ditengah mereka. Beberapa kegiatan yang kami lakukan adalah memberikan penyuluhan terkait diet sehat, alternatif vs medis, dukungan keluarga.

Tidak jarang pula kita memutarkan video tentang pasien kanker, tentang perjuangan pasien hingga akhirnya mereka sembuh hal ini dilakukan supaya para pasien dapat menumbuhkan rasa semangat pada dirinya dan tetap memiliki motivasi untuk sembuh. Ada juga kegiatan bermain games seperti senam ringan yang membuat mereka bergerak sehingga tidak mengalami kelelahan berlebih.

KDP yang dilakukan pada hari rabu kemarin tepatnya tanggal 7 Maret 2018 kita memutarkan video tentang pasien kanker yang berhasil sembuh dan bisa memotivasi orang lain juga untuk sembuh. Disini kegiatan KDP dimuali pada pukul 8.30 hingga pukul 11.00. Beberapa video yang diputar diharapkan dapat menghibur para pasien agar tidak jenuh menunggu dipanggil untuk kontrol. Selain menonton video, beberapa pasien maupun keluarga pasien dapat berbincang-bincang dengan tim paliatif untuk sekedar sharing masaah yang dihadapi atau menanyakn beberapa hal yang tidak mereka ketahui. Hal yang sering ditanyakan pada saat kegiatan KDP adalah mengenai makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien kanker, disini kita dapat menceritakan pengalaman dari para duta paliatif yang tergabung di Garwita untuk memberitahu pada para keluarga pasien terkait dengan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi. KDP juga merupakan kegiatan dimana kita dapat mengetahui beberapa pasien baru dari cerita pasien yang telah berobat juga.

Dikarenaka kegiatan paliatif ini bisa dibilang masih jarang dan tidak banyak orang yang tahu sehingga pada saat KDP inilah mereka bisa mengetahui bahwa ada orang-orang yang peduli terkat dengan hal seperti ini dan mereka tahun sehingga mereka akhirnya tahu kemana harus bercerita. disinilah kemudian biasanya muncul kegiatan home visit yaitu mengunjungi pasien yang terindikasi kanker tapi belum sempat berobat. Mereka sangat menyambut baik adanya kegiatan KDP ini karena dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi sedikit tingkat kecemasan mereka, sedikit rasa kebosanan mereka saat menunggu antrian untuk periksa.

MELIHAT KISAH HEROIK PERJUANGAN SESAMA PASIEN KANKER

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *