295

Kanker sangat mungkin terjadi pada semua orang baik itu dewasa, remaja, atau anak-anak sekalipun. Dikutip dari laman Kemenkes RI kanker merupakan pertumbuhan sel atau jaringan secara tidak terkendali, terus bertumbuh dan bertambah, serta immortal atau tidak dapat mati. Sel kanker juga dapat menyusup ke jaringan sekitar dan dapat menyebar.

Dari berbagai jenis kanker, beberapa kerap menyerang anak-anak. Kanker anak adalah kanker yang menyerang anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Menurut Sistem Registrasi Kanker di Indonesia (SriKanDI) tahun 2005-2007, perkiraan angka kejadian kanker anak (0-17 tahun) sebesar 9 per 100.000 anak, atau di antara 100.000 anak terdapat 9 anak yang menderita kanker. Pada anak usia 0-5 tahun angka kejadiannya lebih tinggi yaitu 18 per 100.000 anak, sedangkan pada usia 5-14 tahun 10 per 100.000 anak (Kemenker RI, 2018).

Kanker yang terjadi pada anak dapat dikatakan berbeda dibanding pada orang dewasa, sebab kanker pada anak lebih sulit diketahui dan butuh penanganan khusus. Hal ini dikarenakan pada umumnya anak-anak belum mampu untuk mengemukakan apa yang dirasakan. Mengingat kompleksnya penyakit kanker maka penyembuhan anak-anak dengan penyakit kanker terbilang cukup rumit dan sulit serta membutuhkan waktu yang lama. Butuh waktu sekitar dua hingga tiga tahun untuk perawatan anak-anak dengan penyakit kanker.

Rachel House adalah sebuah yayasan sosial nirlaba, yang memberikan layanan medis khusus berupa layanan paliatif bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang hidup dengan penyakit serius seperti kanker dan HIV, di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sejak Rachel House didirikan di tahun 2006, yayasan ini memiliki visi untuk Indonesia dimana tidak ada lagi anak yang harus hidup atau meninggal dalam kesakitan. Demi keterecapaian visi tersebut, Rachel House meluncurkan sebuah buku untuk memandu pelaku rawat agar dapat memberikan perawatan dasar kepada anak mereka yang hidup dengan penyakit serius di rumah.

Dengan keberadaan buku ini, Rachel House berharap agar anak-anak dengan penyakit serius di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaatnya serta memperoleh kenyamanan dalam melewati suatu perjalanan hidup yang tidak mudah dan agar pelaku rawat dapat memberi perawatan yang lebih optimal bagi buah hati yang mereka cintai.

 

Untuk download silahkan klik gambar dibawah ini:

Download E-book Asuhan Paliatif Anak (Rachel House)

Info lebih lanjut kunjungi website: rachel-house.org

Kanker Anak dan Sepaket Harapan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *