109

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan pada perguruan tinggi dengan usia sekitar 18-25 tahun yang termasuk dalam usia dewasa awal (Wilis,2011). Pada lingkup kampus pemanfaatan teknologi dan media sosial berperan sebagai sarana mengakses informasi dan menjalin komunikasi. Pada masa tersebut mudah sekali kita menemui mahasiswa yang sedang begadang mengerjakan tugas. Perbedaan tugas maupun aktivitas yang signifikan dibandingkan masa sekolah menekan mahasiswa untuk terus beradaptasi. Penyesuaian ini berisiko membuat mahasiswa mengalami stres ataupun gangguan tidur. Hal ini terbukti melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Cosmos Institute of Mental Health and Behavioural Sciences (CIMBS), Delhi, India. Seperti yang dilansir melalui thehealthsite, sekitar 34 persen wanita dan 15,7 persen mahasiswa mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur adalah kondisi dimana seseorang mengalami masalah terkait jumlah, kualitas, dan waktu tidur. Kebutuhan tidur sesuai dengan usia menjadi tidak terpenuhi karena kesulitan memulai atau mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ada beberapa gangguan tidur, seperti insomnia, hipersomnia, parasomnia.

Insomnia adalah salah satu gangguan yang paling sering kita dengar.  Insomnia  yaitu  ketidakmampuan atau kesulitan untuk tidur baik dari segi kuantitas maupun  kualitas.  Keluhan  bagi  penderita  insomnia  ditandai  dengan  mengeluh  sulit  untuk  tidur, merasa kurang lama tidur, tidur dengan bermimpi suatu  hal  yang  menakutkan,  dan  adanya  keluhan kesehatan  terganggu.  Penderita  insomnia  tidak dapat tidur pulas meskipun memiliki kesempatan tidur dalam waktu yang lama (Purwanto, 2008).

Membuat pola tidur yang baik perlu dilakukan setiap hari. Sebagai contoh seorang mahasiswa dapat menentukan jam tidur yang disesuaikan dengan kebutuhan tidur usianya. Pada rentang usia 18-40 tahun, seseorang membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

Mahasiswa perlu mengatur jadwal yang cukup konsisten untuk aktivitas hariannya, contoh, seluruh aktivitas baik berkuliah, organisasi, pengerjaan tugas diupayakan selesai sebelum pk 22.00 sehingga memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik pula, sehingga mudah terhindar dari stres ataupun penyakit lainnya.

Sumber:

https://journals.itspku.ac.id/index.php/profesi/article/view/26/9

https://www.merdeka.com/sehat/mahasiswa-sering-mengalami-gangguan-tidur-benarkah.html

Many College-Goers Have Disturbed Sleep: Study

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/502/yuks-mengenal-gangguan-tidur

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/1465?show=full

https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh

GANGGUAN TIDUR PADA MAHASISWA

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *