556

Perlu disadari bahwa masih ada pihak-pihak tertentu yang memandang seksualitas sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan. Namun perlu dipahami bahwa pendidikan seksual bagi anak usia dini tidak hanya penting, tetapi juga mendesak. Pengetahuan ini akan menolong orang tua dan sekolah dalam mendidik anak mereka mengenal tubuh, menjaga kebersihan diri, memahami perbedaan anak laki-laki dan perempuan, menjaga diri dari risiko pelecehan seksual, serta mengajarkan keberanian untuk menolak pelecehan seksual. Menurut pengalaman Nadia & Associates selama lima tahun terakhir berpraktik di Jember, masih banyak orang tua yang mempertanyakan bagaimana caranya memberikan pendidikan seksualitas yang tepat bagi anak. Selain itu, pendidikan seksualitas yang diberikan di banyak sekolah di Jember juga belum cukup memadai.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul adalah mengapa pendidikan ini diberikan pada anak usia dini. Pada usia dini, yaitu usia prasekolah, merupakan masa dimana anak-anak mengeksplorasi dunianya dan memiliki rasa ingin tahu yang besar serta banyak inisiatif. Di samping itu, pada usia inilah anak-anak mulai dilatih kemandiriannya terutama dalam menjaga kebersihan diri seperti buang air dan mandi sendiri. Oleh sebab itu, pada periode ini pula tepat untuk mulai diberikan pendidikan seksualitas yang sesuai dengan usia mereka.

Selama satu tahun terakhir, tim Garwita juga bergerak ke berbagai sekolah di Jember untuk mensosialisasikan pentingnya pencegahan pelecehan seksual pada anak usia dini. Melalui pengalaman bertemu dengan banyak pihak sekolah, orang tua, dan siswa yang adalah anak usia dini, Garwita menangkap realita bahwa di tengah tingginya risiko pelecehan seksual pada anak, masih banyak pihak termasuk sekolah dan orang tua yang belum memahami cara memberikan pendidikan seksual bagi anak, bahkan belum menyadari pentingnya hal tersebut.

Pendidikan seksualitas yang tepat akan menjadi bekal dan dasar yang kuat bagi anak-anak untuk mampu menjaga kebersihan dan keamanan diri serta menghindarkan diri dari perilaku seksual yang tidak sehat. Harapan ini akan tercapai terutama bila pendidikan seksualitas yang tepat juga diberikan seiring pertambahan usia anak menjadi remaja.

Edukasi Seksual Anak

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *